Jumat, 17 Februari 2012

5 Centimeters Per Second




Kata-kata cinta yang sulit untuk terucap, surat-surat yang hanya tersimpan di laci, dan pesan-pesan sms yang tak pernah terkirim. Hal-hal yang seharusnya mudah untuk tersampaikan kepada seseorang yang kita sayangi. Terasa sangat berat untuk dilakukan. Hingga akhirnya waktu berlalu, meniupkan masa depan yang berbeda. Berbeda dengan apabila hal-hal tersebut dulu dapat tersampaikan.

Itulah sekiranya yang Aku tangkap dari film berjudul 5 Centimeters per Second. Sebuah film animasi garapan CoMix Wave yang disutradarai oleh Makoto Shinkai.

Bercerita tentang seorang anak SD bernama Tohno Takaki yang menyimpan perasaan terhadap Akari, teman sekolahnya yang juga mempunyai perasaan yang sama. Hingga pada suatu ketika mereka berpisah saat kelulusan SD, dimana Akari harus mengikuti orang tuanya pindah ke luar kota.

Meski terdengar klise, tema itu mampu diceritakan dengan begitu menarik dalam film ini. Perasaan Takaki kepada Akari begitu pula sebaliknya - yang seharusnya dapat begitu mudah disampaikan ketika masih berada di satu sekolah - tampak begitu sulit tersampaikan. Hingga Akari pindah ke tempat yang jauh - yang untuk menemuinya saja membutuhkan perjuangan - semakin membuat perasaan mereka sulit untuk bertemu. Sampai kemudian giliran Takaki sendiri yang harus pindah sekolah mengikuti orang tuanya. Membuat jarak diantara keduanya menjadi kian renggang.

Sesuai judulnya, 5 Centimeters per Second : a chain of short stories about their distance, adalah tentang bagaimana hubungan mereka (antara Takaki dan Akari) merenggang dan menjauh seiring berjalannya waktu (5cm per detik - mungkin), karena perasaan yang tak tersampaikan lebih awal, hingga akhirnya tidak pernah tersampaikan sama sekali.


Dihiasi dengan lagu tema berjudul "One More Time, One More Chance" yang dibawakan dengan sangat bagus sekali oleh Masayoshi Yamazaki, begitu menyatu sekali dengan tema cerita, menambah kesan sendu dan menyentuh dari film berdurasi satu jam ini. Bagaimana perasaan Takaki kepada Akari sangat tergambar jelas dalam lirik lagu tersebut.

Overall, meski sangat klise, film ini mampu menyuguhkan sisi lain dari sebuah 'cinta monyet'. Periode cinta yang paling awal dan mungkin paling manis dalam kehidupan manusia. Sangat polos dan simpel antara dua anak manusia, serta bagaimana kemudian cinta itu kandas di tengah jalan. Tema cerita semacam itu akan selalu menggelitik setiap manusia untuk mengingat masa lalunya masing-masing.


Tak hanya mengandalkan cerita yang bagus, film ini juga menyuguhkan tampilan animasi yang memukau dan setting yang detail. Aku sendiri berpendapat, dari beberapa segi, mungkin ini adalah salah satu film animasi Jepang terbaik yang pernah kutonton. So, menurut ku, rating untuk film ini ada di 8,0/10, sebuah film yang tidak boleh dilewatkan.


Judul : 5 Centimeters Per Second
Genre : Drama, Romance
Sutradara : Makoto Shinkai
Produser : Makoto Shinkai
Penulis : Makoto Shinkai
Musik : Tenmon
Studio : CoMix Wave Inc.
Rilis Pertama : 3 Maret 2007
Durasi : 65 menit


Oleh :Fun otaku

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar