Jumat, 01 Juli 2011

7 Anime Baru Musim Dingin 2011 Yang Kurekomendasikan Buat Ditonton

Yak, musim sudah hampir berganti lagi! Berikut daftar yang kurekomendasikan dari judul-judul anime baru yang akan muncul di awal musim dingin akhir tahun ini. Tentu saja, kemunculan judul-judul baru ini masih akan berlanjut sampai awal tahun depan.
Hm, secara pribadi musim tayang kali ini kupikir cukup sarat dengan variasi. Ada banyak sekali hal menarik baru yang bisa dilihat, dan sebagian besar di antaranya benar-benar berpotensi untuk menjadi bagus. Tapi hal-hal baru tersebut masih harus bersaing dengan beberapa seri menonjol yang masih berlanjut dari musim lalu. Di samping itu, ada juga banyak studio pendatang baru yang muncul, jadi bagaimana perkembangan tren musim ini selanjutnya bisa dibilang sulit ditebak.


Beelzebub (Pierrot)

Diangkat dari manga Shonen Jump yang tengah naik daun, Beelzebub adalah seputar anak-anak SMA berandalan yang gemar berkelahi (dan tak terlalu pintar) serta balita anak Raja Setan yang telah dititipkan ke dunia manusia untuk dididik sebagai penghancur dunia.
…Um, percayalah. Ini salah satu komik cowok dengan peningkatan kualitas cerita paling besar yang pernah kubaca. Genre-nya lebih ke komedi sih, diselipi adegan-adegan aksi jotos-jotosan yang sebenarnya tak terlalu menarik perhatian. Tapi pada saat sedang konyol, Beelzebub benar-benar bisa mengocok perut, dan.. uh, tokoh-tokoh ceweknya lumayan menarik perhatian…
Buat Beelzebub, kalian lebih baik lihat sendiri untuk memastikan daya tariknya ada di mana.
 Ini seri aksi komedi yang menjanjikan dan lumayan solid.






Infinite Stratos (8-bit)

Diangkat dari sebuah seri light novel, mengisahkan tentang kehidupan seorang cowok bernama Orimura Ichika yang menjadi satu-satunya lelaki di dunia yang mampu menggunakan persenjataan eksoskeleton khusus Infinite Stratos. Ia kemudian memasuki IS Academy yang menjadi sekolah pelatihan bagi para pilot IS, dan menjadi seseorang yang teramat terkemuka di dalam struktur kemasyarakatan yang didominasi oleh perempuan.
Walau kesannya begitu, kudengar ini sama sekali bukan anime harem biasa. Aku pribadi memiliki ketertarikan terhadap ini lebih karena statusnya sebagai anime mecha. Untuk sisanya, aku masih perlu tahu lebih banyak. Studio yang menanganinya sama sekali belum pernah kudengar sebelumnya. Ada juga kabar samar-samar yang menyebutkan bahwa pengarang asli seri ini sudah meninggal, bahkan sebelum rencana pembuat anime ini sempat direalisasikan. Infinite Stratos sesuai dugaanku diawali dengan cukup tipikal. Tapi kualitas teknisnya bagus. Animasinya katanya keren. Dan menurutku, dan beberapa orang lain, potensi yang tersembunyi di dalamnya masih cukup besar. Yah, tapi jujur saja. Sebaiknya jangan terlalu berharap. Dengan premis mecha dan harem-nya, sudah jelas bahwa seri ini takkan sesuai dengan selera sejumlah orang. Para penyuka galge kurasa akan lumayan memperhatikannya.


Fractale (A-1 Pictures & Ordet)

Sebuah kisah aneh tentang sesuatu yang disebut ‘Fractale System’ yang berada di ambang kerusakan. Seorang bocah lelaki bernama Kurain mengembara untuk mencari gadis misterius bernama Furyune, dan dalam perjalanannya ia akan mengetahui rahasia-rahasia dari sistem ini.
Sial, belum ada lagi yang kuketahui selain itu. Tapi gambar-gambar yang sudah keluar sejauh ini tampak imajinatif dan menarik. Dunia yang melatari ceritanya tampaknya jenis dunia latar yang kusukai. Untuk segi teknis, studio pembuatnya juga bagiku tak perlu diragukan lagi.

Fractale memiliki nuansa yang sangat mirip film-film animasi Studio Ghibli. Dari segi presentasi, tak semenonjol bayanganku. Tapi peranan sang sutradara (dari Lucky Star dan Suzumiya Haruhi) dan pencetus ceritanya (yang aku lupa siapa, tapi dia orang penting kok) seakan menjanjikan adanya sisi lain yang tak disangka.


Kimi ni Todoke 2 (Production I.G.)



Musim tayang baru dari anime drama remaja terkenal dari paruh awal tahun 2010. Melanjutkan kisah Kuronuma Sawako, siswi SMA yang dulu dijauhi karena nuansanya yang seram, dalam upayanya bersosialisasi semenjak ia jatuh cinta pada teman sekelasnya yang populer dan periang, Kazehaya Shota, yang merupakan satu-satunya orang yang tak berkeberatan mendekatinya.
Terus terang, cerita ini merupakan salah satu cerita genre shoujo paling menarik yang pernah kubaca, karena nuansa dramanya yang realistis, bisa menyentuh, tanpa menjadi terlalu cengeng ataupun berlebihan. Mereka yang berharap masih ada ‘lebih’ dari sekedar season pertamanya (karena, yah, manga-nya saat itu emang masih berlanjut) tanpa kuragukan bakal senang dengan kelanjutan ini. Soal teknis? Musim tayang seri ini sebelumnya merupakan salah satu keluaran Production I.G. yang terbaik—kurasa karena ‘mentahannya’ yang emang kuat 

Gosick (BONES)

Mungkin kalian sudah pernah dengar tentang yang satu ini. Diangkat dari seri light novel misteri yang cukup terkenal meski tidak terlalu menonjol, anime ini berlatar di suatu tempat di Eropa, pada masa 1920-an, tentang seorang anak laksamana angkatan laut Jepang yang bersekolah di luar negeri, dan berkenalan dengan seorang gadis berambut pirang yang mempunyai kecerdasan dan keterampilan deduksi yang luar biasa. Hubungan antara keduanya terjalin seiring dengan banyaknya kasus yang mereka hadapi bersama. Cerita ini pada dasarnya adalah kisah tentang kehidupan mereka berdua.
Premis detektif-nya yang sederhana dipadu dengan latar Eropa gothic, memunculkan bumbu-bumbu legenda dan supernatural yang katanya membuat seri ini sulit untuk tak diikuti. BONES yang membuatnya. Kalian tahu sendiri orang-orang di sana mampu menghasilkan apa. Jelas ini salah satu judul baru yang paling direkomendasikan untuk musim ini. Konsepnya kuat, jadi kemungkinan ‘bakal jelek’-nya menurutku cukup kecil. Gosick dengan tokoh-tokohnya yang manis memiliki penggambaran latarnya yang solid. Ada beberapa unsur tipikal anime sih, dan secara umum karakterisasinya kurang menonjol. Kurasa akan perlu waktu sampai seri ini benar-benar berkembang. Tapi di sisi lain, perkembangannya nampaknya benar-benar akan susah tertebak.


Level E (Pierrot & David Production)

Didasarkan pada manga lawas karya Togashi Yoshihiro (bahkan sebelum beliau membuat Yuyu Hakusho dan Hunter x Hunter), tentang serangkaian insiden ‘misterius’ tatkala bumi secara diam-diam kedatangan berbagai ras makhluk luar angkasa yang kemudian berbaur dengan masyarakat manusia.
Aku pernah baca manganya. Pada dasarnya ini seri bergenre sci-fi bersifat episodik, yang diwarnai unsur-unsur komedi dan suspens ala Togashi-sensei, yang banyak dibangun melalui dialog dan tokoh-tokoh tak lazim. Kabarnya, anime ini merupakan anime dengan staf dan biaya produksi paling mencolok untuk musim ini. Mengingat manganya merupakan salah satu manga paling cerdas (keren) yang pernah kubaca, aku susah membayangkan bagaimana ini akan bisa lebih keren lagi. Tapi dari gelagatnya, sepertinya akan begitu sih…
Level E menjadi seri yang memiliki efek-efek visual yang ‘wah’. Terlepas dari itu, karena sulit digambarkan dan sangat lain dari yang lain, aku cuma bisa bilang bahwa seri unik ini  bagus dan bakal tetap bagus. Sekalipun nuansanya agak retro…


Freezing

Tentang seorang cowok bernama Kazuya yang kehilangan kakaknya dalam pertempuran melawan serbuan makhluk-makhluk dimensi lain. Ia kemudian bergabung dengan Genetics, akademi militer yang mempersiapkan orang-orang demi menghadapi serbuan makhluk-makhluk ini. Di sana, ada kelompok cewek bernama Pandora yang sepertinya juga mempersiapkan diri untuk menghadapi suatu musuh lain yang belum dikenal…
Sepertinya, ide dasarnya adalah anime fanservice dengan adegan-adegan pertarungan yang biasa. Tapi bukan. Kalau memperhatikan artwork promosinya serta jajaran staf yang membuatnya, sangat mungkin anime ini bakal menjadi sesuatu yang lebih dari itu.




3 komentar: