Jumat, 01 Juli 2011

8 Anime Baru Musim gugur 2010*

Tanpa terasa tiga bulan udah hampir berlalu lagi. Musim tayang baru lagi-lagi sudah di depan mata. Lagi-lagi kubuat preview untuk seri-seri baru berdasarkan apa-apa yang aku denger dari berbagai forum dan situs.
Untuk suatu alasan, ada banyak sekali sekuel untuk musim tayang ini.
Mohon maaf bila deskripsi ceritanya banyak yang kubiarkan tidak jelas.


Hakuoki: Hekketsuroku



Berlatar di zaman sebelum restorasi Meiji, mengisahkan kelanjutan petualangan Yukimura Chizuru dalam menelusuri jejak ayahnya yang hilang sesudah ‘ditampung’ oleh kelompok penjaga keamanan Shinsengumi, yang ternyata memiliki kepentingan yang sama dengannya.
Aku enggak mengikuti seri pertamanya. Tapi aku dengar untuk serial yang lebih ditujukan buat cewek, alurnya lumayan menarik—meski karakterisasinya keliatannya enggak akan disukai oleh sebagian orang. Mereka-mereka yang sempat mengikuti ceritanya dari awal kurasa akan senang dengar kelanjutan cerita ini.
Sejauh yang aku dengar, season kali ini merupakan kelanjutan yang lumayan solid. Lebih banyak tentang latar permusuhan antara Shinsengumi dan kaum Oni konon akan dibeberkan lebih lanjut. Ada juga komentar bahwa episode-episode awalnya berlangsung dengan datar. Tapi aku kurang tahu detil lengkapnya. Kabar terakhir sekali yang kudengar adalah bahwa season ini tak sebaik season pertamanya.

Bakuman


Berkisah tentang sepasang remaja SMP yang berpikiran untuk berkolaborasi sebagai pembuat manga untuk majalah komik Shonen Jump terbitan Shueisha. Tapi pikiran sesaat ini dengan segera berubah menjadi perjuangan gila-gilaan saat mengetahui mereka bukan hanya mempertaruhkan kenangan dan cita-cita seorang kerabat di masa lalu, melainkan juga cinta sejati mereka untuk masa yang akan datang.
Didasarkan pada komik yang dibuat oleh duo pengarang Death Note, sangat riil, sangat memikat, dan sangat menyentuh dan dipenuhi intrik. Didukung staf yang kuat, para penggemar drama dan manga secara umum beneran enggak boleh melewatkan yang satu ini.






Sora no Otoshimono Forte


Kelanjutan musim tayang yang pertama, mengisahkan tentang seorang cowok cinta damai yang hidupnya berubah sesudah kejatuhan seorang cewek (malaikat?) dari langit.
Sori. Aku juga enggak mengikuti season pertama seri ini. Aku cuma pernah ngecek sedikit cuplikan manga-nya. Jadi aku lagi-lagi enggak tau mesti ngomong apa. Yang pasti, ini tipikal anime fanservice sih. Jadi kurasa kalian udah bisa bayangin kalo nonton bakal nemuin apa.
Sejauh yang udah diberitakan tentangnya, ada beberapa plot cerita dan tokoh baru terkait dunia yang di langit. Sajian fanservice-nya masih tetap sama. Kualitas teknisnya mengalami sedikit peningkatan dibandingkan sebelumnya.






The World God Only Knows


Diangkat dari manga populer tentang Katsuragi Keima, maniak dating sim yang tidak memiliki ketertarikan terhadap apapun berbentuk tiga dimensi. Keima diceritakan terjebak kontrak mematikan dengan taruhan nyawa bersama Elsee, seorang siluman manis yang datang dari Neraka, untuk memerangkap roh-roh jahat yang bersemayam dalam hati remaja-remaja perempuan. Untuk itu Keima harus menggunakan kemampuan merayu yang dipelajarinya dari ratusan dating sim untuk memikat hati para cewek dalam kehidupan nyata.
Kalo kamu sebagai cowok ngeharepin nasihat-nasihat bagus untuk ngedapetin cewek dari anime ini, maka kayaknya kamu nyari di tempat yang salah. Tapi sejauh yang kutahu, seri ini lumayan manis kok. Agak berlebihan di beberapa bagian sih. Tapi tetep lumayan kalo lagi butuh sesuatu yang ringan. Bila menilik dari studio yang memproduksinya, kayaknya ada kemungkinan adaptasi anime-nya bakal sedikit lebih bagus dari dugaan. Bukan sesuatu yang bakal ditonton mereka-mereka yang lagi nyari tontonan berbobot. Tapi tetep menarik karena ‘mempermainkan’ konvensi-konvensi komedi romansa.
Sejauh yang udah keluar, tampaknya ini masih menjadi adaptasi yang lumayan setia terhadap versi manganya. Ada sejumlah komentar kekecewaan tentang gimana konsep seri ini enggak digali lebih jauh lagi, terutama ke soal gimana si Keima ngadepin ‘kenyataan.’ Aku sendiri bukan penggemar serial ini. Tapi mereka-mereka yang udah menyukai seri ini apa adanya kurasa akan lumayan puas.

MM!


Berkisah tentang seorang cowok yang belum lama ini menyadari sisi dirinya yang masokis (merasakan kenikmatan dari penyiksaan). Dia berusaha menutupi kelainannya(?) ini dari cewek yang dia sukai, dan bergabung sebagai anggota klub sukarelawan di sekolahnya dengan harapan bisa menyembuhkan kelainannya.
Idenya bisa kupahami, tapi artwork-nya untuk suatu alasan kurang membuatku berselera. Sebagai anime moe tipikal, antisipasi terhadap seri ini juga datar saja sih. Kurasa seri ini hanya akan menarik bagi mereka-mereka yang memang tertarik terhadap tema dasarnya. Enggak. Sejauh yang kudengar, seri ini enggak sejelek itu kok.

Pokemon Black and White

Seri Pokemon baru yang menampilkan tokoh-tokoh baru dan petualangan yang baru.
Sudah berapa lama ya, seri ini berjalan? Kurasa karena itulah seri ini memutuskan untuk menyegarkan kembali semuanya dengan memulai dari awal lagi.









Soredemo Machi wa Mawatteiru








Um, berlatar di sebuah maid café yang enggak begitu laku, ada seorang cewek ceroboh bernama Arashiyama, yang memiliki ketertarikan sangat besar terhadap hal-hal berbau misteri dan detektif. Si Arashiyama ini disukai seorang cowok bernama Sanada, teman sekolahnya yang telah menjadi pengunjung tetap kafe karena rasa sukanya itu. Lalu suatu ketika, Tatsuno, teman Arashiyama yang pintar, yang diam-diam naksir si Sanada, diundang untuk datang ke kafe dan begitu melihat keadaan kafe yang begitu menyedihkan (serta Sanada), akhirnya memutuskan untuk turut bekerja di sana dan memperbaiki keadaan.
Aku enggak bisa ngomong banyak soal Sore Machi, selain kenyataan bahwa premisnya yang aneh dan stafnya yang berpengalaman(?) seolah menjanjikan bahwa anime ini bakal jadi tontonan yang enggak biasa. Kurasa sesuatu yang banyak dialog khas studio SHAFT dan Akiyuki Shinbo lagi.
Bila kalian menggemari seri dengan humor yang serius (lelucon-lelucon yang sebenarnya enggak dibuat untuk lelucon), kurasa kalian akan sangat menggemari yang satu ini. Oya,kalian yang menggemari segala hal yang berhubungan dengan maid juga akan tertarik.










Yakumo Saitou adalah seorang mahasiswa yang memiliki kemampuan untuk melihat roh. Bersama Haruko Ozawa, dirinya memulai investigasi untuk menyibak berbagai misteri dengan kemampuannya untuk berkomunikasi dengan arwah penasaran.
Ceritanya lumayan straightforward dan anehnya, tak banyak berkutat pada misteri. Temponya cepat jadi kau tak perlu mikir banyak untuk menikmati. Ceritanya juga lumayan tertebak. Tapi bagi mereka yang bisa menyukai karakternya, masih ada peluang 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar